Berita 9 Pasang Suami Istri Ikuti Sidang Itsbat



Posted on: 29 May 2019 Oleh Web Admin

BOYOLALI – Tidak lama lagi, Kebupaten Boyolali akan merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-172 pada Juni mendatang. Dalam memeriahkannya, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Boyolali menggelar berbagai kegiatan. Salah satunya yakni pelaksanaan sidang itsbat pernikahan terpadu di Ruang Cempaka Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Boyolali, pada Rabu (29/5). Kegiatan tersebut merupakan kerjasama antara Pemkab Boyolali, Kantor Urusan Agama (KUA) Kabupaten Boyolali serta Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Boyolali.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Boyolali, Masruri menjelaskan bahwa sidang itsbat tersebut bukan merupakan nikah massal seperti yang selama ini diketahui oleh masyarakat luas. Namun, sidang tersebut merupakan bentuk upaya Pemkab Boyolali dalam melindungi masyarakat yang sudah menikah tetapi belum memiliki surat nikah.

“Ini adalah sidang itsbat untuk mendapatkan legalitas pemerintah, seperti surat nikah, Kartu Keluarga (KK) dan lainnya. Manfaatnya sangat besar,” jelas Masruri.

Sementara itu, Wakil Bupati (Wabup) Boyolali, M. Said Hidayat yang membuka secara resmi acara sidang itsbat tersebut, memberikan apresiasi terhadap langkah Pemkab Boyolali bersama KUA dan Kemenag. Menurutnya hal tersebut dapat memberikan dan membangun kesadaran masyarakat untuk taat administrasi serta aturan yang ada.

“Ini satu wujud peran serta pemerintah dalam rangka memberikan bantuan hukum pada masyarakat Kabupaten Boyolali. Utamanya keluarga yang sudah menikah tetapi belum mendapatkan surat nikah,” terang Wabup Said.

Terdapat sembilan pasangan beserta dengan dua saksi mengikuti satu persatu rangkaian sidang itsbat. Setelah proses sidang, pernikahan mereka akan dicatat oleh negara dan dinyatakan telah sah dibuktikan dengan pembuatan surat nikah dan KK secara langsung seusai sidang oleh pihak terkait.

“Ke depan dapat semakin bertambah kesadaran masyarakat dan perlu kita bangun kesadaran ini bersama. Tentunya langkah-langkah sosialisasi harus kita laksanakan dengan sebaik-baiknya,” pungkas Wabup Said. (Tim Liputan Diskominfo Kabupaten Boyolali)

Berita

Pengumuman

Link SKPD

instagram takipçi

instagram takipçi beğeni işlemleri

instagram takipçi işlemlerinizi kolay ve güvenilir şekilde sürdürmek istiyorsanız eğer size tavsiyemiz mutlaka bu siteyi kullanınız angel shell