Berita Resmi Dibuka, KRIB Bakal Gandeng Pihak Swasta



Posted on: 03 May 2019 Oleh Web Admin

BOYOLALI – Akhirnya, setelah menunggu beberapa waktu, Kebun Raya Indrokilo Boyolali (KRIB) resmi diluncurkan pada Jumat (3/5). Konsep pembangunan tempat yang mewujudkan visi dan misi Bupati Boyolali yang telah diinisiasi sejak tahun 2013 ini berlokasi di Kampung Tempurejo, Kelurahan Kemiri, Kecamatan Mojosongo.

Dalam pembangunan awal, kebun raya hanya seluas 8,9 hektare. Akan tetapi seiiring dengan kebutuhan ruang publik, maka ditambahkan 3,1 hektare untuk digunakan sebagai lahan parkir dan akses jalan sehingga sekarang sudah mencapai 12 hektare dengan menggunakan Anggaran dan Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Boyolali dan tidak ada bantuan dari sumber lain. Koleksi yang dimiliki kini terus bertambah sebanyak 6.707 tanaman dan sekitar 987 tanaman sudah ditanam di tanah KRIB.

Bupati Boyolali, Seno Samodro seusai melaunching, menjelaskan bahwa konsep kebun raya akan buka siang hari (day) dan ke depan akan buka pada day and night [siang dan malam]. Jadi nanti kebun raya sangat menarik karena dilengkapi bangunan artistik.

“Saya yakin ini cukup menarik karena hampir setiap sudutnya cukup artistik. Jadi disini seperti istana selfie. Dan setiap weekend [akhir pekan] ribuan orang kesini. Apalagi jalannya sekarang sudah sangat mudah terjangkau. Silahkan masyarakat berbondong-bondong,” ungkap Bupati Seno.

Tidak hanya memikirkan akan pembangunan KRIB dan sisi infrastruktur saja, akan tetapi Bupati Seno juga merambah pada peningkatan perekonomian penduduk sekitar. Dibukanya KRIB diharapkan mampu menarik geliat wisatawan berkunjung dan Pemerintah Kaupaten (Pemkab) Boyolali akan melakukan roadshow untuk mengevaluasi pembangunan KRIB.

“Sektor wisata nanti akan kita lakukan beberapa roadshow setelah satu semester akan kita lakukan evaluasi akan kita lakukan di Solo, Bali Jogjakarta maupun Jakarta kira-kira ada usulan apa dari para travel agen, travel biro perjalanan sehingga nanti kita akan evaluasi, kita catat dan kita benahi. Kira-kira yang kurang dari sini apa,” terang Bupati Seno.

Sementara Deputi Bidang Ilmu Pengetahuan Hayati Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Enny Sudarmonowati menjelaskan bahwa kebun raya yang berciri khas (eco region) kebun raya hutan hujan dataran rendah Jawa untuk bagian timur ini sudah memenuhi syarat yang ditetapkan oleh LIPI. Antara lain lahan yang klir, serta telah memenuhi lima fungsi kebun raya yakni konservasi, penelitian, pendidikan, jasa lingkungan dan pariwisata.

“Jadi harapannya tentu saja terus dengan memegang teguh lima fungsi kebun raya, tetap kita perlukan yaitu untuk semakin banyak orang mengunakan dan memanfaatkan kebun raya teruatam ekonomi. Secara otomatis pembukaan kebun raya akan mendatangkan ekonomi masyarakat,” ujarnya.

Kerjasama dengan swasta pun juga perlu dilakukan untuk bisa mendatangkan pohon-pohon besar untuk ditanam di KRIB sehingga bisa dimanfaatkan oleh banyak orang. (Tim Liputan Diskominfo Kabupaten Boyolali)

Berita

Pengumuman

Link SKPD

instagram takipçi

instagram takipçi beğeni işlemleri

instagram takipçi işlemlerinizi kolay ve güvenilir şekilde sürdürmek istiyorsanız eğer size tavsiyemiz mutlaka bu siteyi kullanınız angel shell