Berita Kincir KRIB Manfaatkan Energi Alam Jadi Energi Cahaya



Posted on: 26 Oct 2018 Oleh Web Admin

BOYOLALI – Satu lagi hasil karya inovasi Kabupaten Boyolali yang kini mulai dipasang di tengah area Kebun Raya Indrokilo Boyolali (KRIB). Sebelumnya di area ini telah terdapat Elektrolisa Banyu Udan (EBU) yang mengubah air hujan menjadi air siap minum, kini giliran pemanfaatan tenaga alam yang diperbarui.

Berada di sisi barat KRIB, pengunjung dapat menemukan sebuah kincir yang berukuran kecil menjulang setinggi 7 meter diantara rerumputan. Jika dilihat sekilas, kincir tersebut terlihat sama dengan kincir angin biasanya. Namun terdapat perbedaan dalam teknis pengoperasiannya.

Kepala Seksi Pemeliharaan Lingkungan Hidup Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Boyolali, Budi Listiyono menjelaskan bahwa kincir dengan sebutan Taman Pojok Energi Baru Terbarukan ini terdiri dari kincir angin, panel surya dan mikrohidro yang akan menghasilkan energi tersendiri menjadi energi cahaya.

“Ketiga sumber akan disimpan di aki kemudian dari aki tersebut dikeluarkan menjadi energi cahaya,” jelasnya saat ditemui di lokasi kincir, pada Jumat (26/10).

Menelan anggaran Rp 151 juta dari APBD Kabupaten Boyolali tahun 2018, kincir tersebut dimaksudkan sebagai sarana edukkasi bagi masyarakat. Salah satunya yakni pemanfaatan energi dari alam untuk memenuhi kebutuhan.

“Untuk selanjutnya ditiru di lingkungkan masyarakat agar dapat mengembangkan energi baru yang terbarukan. Tidak tergantung dari energi yang selama ini dipakai,” harapnya. (dst/bet)

Berita

Pengumuman

Link SKPD

instagram takipçi

instagram takipçi beğeni işlemleri

instagram takipçi işlemlerinizi kolay ve güvenilir şekilde sürdürmek istiyorsanız eğer size tavsiyemiz mutlaka bu siteyi kullanınız angel shell