Berita Sisi Humanisme TRC BPBD Boyolali Selamatkan Kucing Yang Tercebur Sumur



Posted on: 15 Mar 2018 Oleh Web Admin

BOYOLALI – Video pengevakuasian seekor kucing milik warga Dukuh Ngendu Kidul Desa Batan, Kecamatan Banyudono pada Sabtu (10/3) lalu menjadi viral. Diawali ketika pemilik kucing, Novita yang mengetahui kucing peliharaannya tersebut tercebur sumur, langsung menghubungi Pusdalops Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Boyolali.

Usai menerima laporan dari warga, Tim Reaksi Cepat (TRC) BPPD diterjunkan personel ke kediaman Novita. Tidak membutuhkan waktu lama, personil BPBD turun membawa kotak plastik dan mengevakuasi kucing dari dasar sumur. Saat dievakuasi, kucing tersebut sedang bersembunyi di lubang di dalam sumur dengan kondisi basah kuyup dan kedinginan.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPPD) punya segudang cerita. Kali ini cerita tersebut datang dari BPPD Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah. Uniknya, tak melulu mengevakuasi manusia dari hantaman bencana alam, BPPD Boyolali justru menyelamatkan seekor kucing warga yang tercebur sumur.

Bahkan Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho, dalam akun sosial media twitter-nya mengapresiasi apa yang dilakukan TRC BPBD Boyolali. Dilansir dari laman detik.com Sutopo menyebut apa yang dilakukan oleh BPPD Boyolali merupakan bentuk pelayanan terhadap masyarakat. Sebab menurutnya, baik BPNP maupun BPPD tak hanya mengurusi bencana alam seperti banjir, longsor dan erupsi.

"Saat ini BPBD menangani berbagai masalah yang ada di masyarakat. Bukan hanya masalah bencana, tapi hal-hal yang terkait masyarakat sering mereka minta bantuan kepada BPBD seperti menangani sarang lebah, ular masuk ke rumah, sapi hilang, orang bunuh diri, orang hanyut, evakuasi kucing, musibah atau kecelakaan, dan lainnya.," ujar Sutopo.

Dalam video berdurasi 45 detik di akun twitternya tersebut hingga kini, Kamis (15/3) telah dilihat lebih dari 5.600 tweeps (pengguna twitter).

Sementara Kasi Kedaruratan BPBD Kabupaten Boyolali, Kurniawan Fajar Prasetyo membenarkan timnya telah mengevakuasi kucing milik warga Banyudono tersebut. Hal tersebut sebagai bentuk panggilan kemanusian bagi timnya. Selain menangani kebencanaan dan musibah, pihaknya juga sering menerima laporan dari masyarakat yang menggugah sisi humanisme anggota.

“Menjadi panggilan kemanusian bagi kami yang memiliki slogan Response, Rescue dan Respect,” terang pria yang akrab dipanggil Yoyok ini ketika dihubungi melalui telepon selular.

Yoyok yang juga Komandan SAR Boyolali mengatakan, timnya juga pernah membantu evakuasi sapi yang masuk sumur dan evakuasi sarang lebah. (mjk/dst)

Berita

Pengumuman

Link SKPD

instagram takipçi

instagram takipçi beğeni işlemleri

instagram takipçi işlemlerinizi kolay ve güvenilir şekilde sürdürmek istiyorsanız eğer size tavsiyemiz mutlaka bu siteyi kullanınız angel shell