Berita Tradisi Padusan Ditiadakan



Posted on: 23 Apr 2020 Oleh Web Admin

BOYOLALI – Sudah menjadi tradisi yang dilakukan di Kabupaten Boyolali saat menjelang datangnya Bulan Ramadhan akan diawali dengan agenda padusan. Sebuah tradisi yang dilakukan oleh warga dengan pergi ke umbul atau mata air termasuk kolam renang guna menyucikan diri sebelum memasuki bulan puasa.

Namun, kondisi saat ini cukup berbeda dengan tahun tahun sebelumnya. Pemandangan yang biasanya riuh penuh sesak warga, kini berbanding terbalik menjadi sepi disusul dengan adanya pandemi Corona Virus Disease (Covid-19) di Kabupaten Boyolali kian meluas. Imbasnya, beberapa umbul yang biasa digunakan untuk padusan masyarakat kini ditutup sementara serta kegiatan padusan ditiadakan.

Seperti yang terlihat di Umbul Pengging, Kecamatan Banyudono pada Kamis (23/4/2020). Umbul ini tampak sepi menjelang Bulan Suci Ramadhan 1441 Hijriyah yang akan dimulai Jumat (24/4/2020) esok.

“Situasi sekarang terkait dengan merebaknya Covid-19 ini, maka kebijakan dari Pemerintah Kabupaten Boyolali bahwa kegiatan padusan terutama di tempat-tempat pemandian, kami tiadakan. Dalam rangka untuk mencegah semakin merebaknya Covid-19 dan agar tidak terjadi kerumunan massa,” terang Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Boyolali, Susilo Hartono.

Beberapa mata air yang ada di Umbul Tirtomulyo di Kecamatan Sawit, Umbul Sungsang dan Tirto Marto di Kecamatan Banyudono, serta Umbul Tlatar di Kecamatan Boyolali dipastikan  meniadakan kegiatan padusan dan menutup sementara objek wisata di sekitar sumber mata air tersebut. Meskipun terdapat beberapa warga sekitar yang diperbolehkan beraktifitas sehari-hari.

“Kalau ada kegiatan itu hanya dari masyarakat sekitar yang memanfaatkan sumber air untuk kegiatan sehari-hari. Kesadaran masyarakat sekitar itu sudah tinggi terkait Covid-19, sehingga mereka bersama-sama melakukan pengawasan di tempat pemandian tersebut,” jelasnya.

Pihaknya menghimbau warga masyarakat dapat melakukan tradisi padusan di tempat tinggal masing masing.

“Agar melakukan padusan dirumah,” tandasnya. (dst/bet)

Berita

Pengumuman

Link SKPD

instagram takipçi

instagram takipçi beğeni işlemleri

instagram takipçi işlemlerinizi kolay ve güvenilir şekilde sürdürmek istiyorsanız eğer size tavsiyemiz mutlaka bu siteyi kullanınız angel shell