Berita Cegah Covid-19, Difabel Kemusu Produksi dan Bagikan Masker Kain



Posted on: 13 Apr 2020 Oleh Web Admin

BOYOLALI - Di tengah merebaknya Corona Virus Disease (Covid-19), Forum Komunikasi Difabel Boyolali (FKDB) yang berada di wilayah Kecamatan Kemusu memproduksi masker. Pembuatan masker kain dengan bahan kain perca dibagikan gratis kepada masyarakat. Seperti yang terlihat di jalan di depan Kantor Kecamatan Kemusu pada Senin (13/4/2020) bersama beberapa jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan Kemusu membagikan masker kain bagi pengguna jalan yang melintasi jalan tersebut. Baik itu pejalan kaki, pengedara sepeda kayuh, sepeda motor maupun pengendara mobil yang tidak mengenakan masker akan diberi masker dan diminta langsung untuk mengenakannya.

Ketua Forum Komunikasi Difabel Boyolali (FKDB), Sri Setyaningsih mengatakan pihaknya akan menyediakan 200 buah masker kain setiap pekannya. Sehingga ditambah dengan 300 buah masker yang dipersiapkan Kecamatan Kemusu total dibagikan 500 buah masker kain yang dibagikan bagi pengguna jalan di Kecamatan Kemusu.

“Pembagian masker gratis ini untuk pengguna jalan. Dari difabel setiap minggu menyumbangkan 200 maseker dan dari kecamatan ada 300 masker,” terang Sri yang juga warag Kemusu ini.

Dengan keterbatasan fisik, bersama sejumlah anggota FKDB yang di Kecamatan Kemusu membuat masker kain dari bahan sisa menjahit yang juga ditekuni anggotanya.

“Bahan kain katun atau kaos, memanfaatkan sisa kain perca teman-teman yang menjahit. Kita kumpulkan dan untuk aktivitas teman-teman karena selama [wabah] Corona ini banyak kegiatan yang dipending [tunda]. Jadi untuk meluangkan waktu untuk yang bermanfaat kita membuat masker,” terangnya

Dalam membuat masker kain ini dilakukan lima orang yang mampu menyediakan sekitar 50 hingga 100 buah masker setiap harinya. Tujuan keterlibata komunitasnya dalam pembagian masker ini, diharapkan Corona tidak menyebar lebih luas, biar cepat selesai sehingga kegiatan juga bisa berjalan dan bisa beraktivitas normal seperti biasanya.

Sementara Camat Kemusu, Sumarno yang juga turut membagikan masker mengatakan bersama semua elemen masyarakat Kemusu, pada hari tersebut telah mendisitibusikan sekitar 3000 masker kain. Termasuk diantaranya bantuan dari FKDB sejumlah 200 buah.

“Hari ini kita penyaluaran masker kepada masyarakat di wilayah Kecamatan Kemusu. Hari ini kita menyalurkan sebanyak 2500 masker kepada 10 desa, masing masing 250 buah. Dan hari ini kita di depan kantor kecamatan ini sebanyak 500. Yang 200 dari difabel Kemusu dan 300 dari kecamatan. Jadi total ada 3000,” terang Sumarno.

Pembagian ribuan masker kain yang telah dilakukan dan akan terus dilakukan oleh pihaknya ini sesuai dengan arahan pemerintah untuk menggunakan masker dalam rangka memutus mata rantai Covid-19 di salah satu wilayah utara Kabupaten Boyolali ini.

“Ini adalah pembagian ke sekian kali untuk warga masyarakat Kemusu. InsyaAllah akan kita lakukan pemberian masker secara rutin, setiap minggu sekali akan memberikan masker minimal 500,” tandas Sumarno. (mjk/dst)

Berita

Pengumuman

Link SKPD

instagram takipçi

instagram takipçi beğeni işlemleri

instagram takipçi işlemlerinizi kolay ve güvenilir şekilde sürdürmek istiyorsanız eğer size tavsiyemiz mutlaka bu siteyi kullanınız angel shell