Berita Siswa SMPN 1 Tamansari Dibekali Materi Bela Negara dan Sosialisasi Bahaya Narkoba



Posted on: 09 Oct 2019 Oleh Web Admin

BOYOLALI – Gelaran TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler ke-106 tahun 2019 di Desa Sangup; Kecamatan Tamansari selain menyasar kegiatan fisik juga diwarnai kegiatan non fisik. Kegiatan non fisik juga diisi dengan sosialisasi yang diisi dari Polres Boyolali dan Kodim 0724/Boyolali yang digelar di Balai Desa setempat pada Rabu (9/10/2019).

Diikuti seluruh siswa dari SMP Negeri 1 Tamansari Satu Atap, penyuluhan pertama disampaikan Kasatnarkoba Polres Boyolali, Iptu. Is Udroso Hargo Suseno mengangkat tema Pembinaan dan Penyuluhan Pencegahan Pemberantasan Penyalagunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN). Disampaikan bahwa narkoba memiliki sifat kecanduan dimana setiap pengguna akan mengalami sakit dan lebih parahnya kematian sehingga perlu adanya sosialisasi tentang pencegahan dan penyalahgunaan narkoba.

“Narkoba memiliki jenis – jenisnya tersendiri, sehingga generasi muda harus mengerti dan paham akan jenis narkoba serta seberapa bahaya terhadap diri kita sendiri dan lingkungan kita,” terangnya.

Selanjutnya materi bela negara disampaikan Pasipers Kodim 0724/Boyolali, Kapten. Inf. Budiyanto. Dijelaskan bahwa bela negara merupakan salah satu wujud mutlak dalam mencintai tanah air kita. Bela negara merupakan sikap tidak harus berperang melainkan juga bisa dilakukan dengan mengamalkan Pancasila.  Selain itu sebagai warga Negara diminta untuk tidak memiliki mental apatis.

Sementara Dandim Boyolali, Letkol Kav Herman Taryaman yang juga hadir di lokasi mengatakan bahwa bela negara merupakan tanggung jawab bersama semua komponen masyarakat dan warga negara.

“Bahwa tanggung jawab bela negara merawat serta menjaga Kesatuan Republik Indonesia adalah tanggung jawab kita bersama,” tegas Dandim.

Pada kesempatan tersebut juga disosialisasikan informasi pendaftaran anggota Tentara Nasional Indonesia (TNI). Sehingga dengan materi tersebut siswa diberikan pengarahan bagaimana alur penerimaan calon anggota TNI. (bas)

Berita

Pengumuman

Link SKPD